Konsep Himpunan dalam Matematika SMP

Dalam matematika, himpunan adalah Kumpulan benda benda (yang dibendakan ) yang dapat didefinisikan dengan jelas.
Dapat didefinisikan dengan jelas maksudnya kita dapat membedakan apakah sutu benda atau obyek termasuk dalam himpunan itu atau tidak.
Walaupun hal ini merupakan ide yang sederhana, tidak salah jika himpunan merupakan salah satu konsep penting dan mendasar dalam matematika modern, dan karenanya, studi mengenai struktur kemungkinan himpunan dan teori himpunan, sangatlah berguna.

Teori himpunan, yang baru diciptakan pada akhir abad ke-19, sekarang merupakan bagian yang tersebar dalam pendidikan matematika yang mulai diperkenalkan bahkan sejak tingkat sekolah dasar. Teori himpunan dapat dianggap sebagai dasar yang membangun hampir semua aspek dari matematika dan merupakan sumber dari mana semua matematika diturunkan.
Notasi Himpunan
Biasanya, nama himpunan ditulis menggunakan huruf besar, misalnya S, A, atau B, sementara elemen himpunan ditulis menggunakan huruf kecil (a, c, z). Cara penulisan ini adalah yang umum dipakai, tetapi tidak membatasi bahwa setiap himpunan harus ditulis dengan cara seperti itu. Tabel di bawah ini menunjukkan format penulisan himpunan yang umum dipakai.
Pada Ujian Nasional ( UN 2011 ) Himpunan merupakan salah satu Indikator soal yang akan diujikan. Karena itu pemahaman tentang Konsep Himpunan sagat diperlukan untuk dapat menyelesaikan soal UN dengan benar.   
Untuk lebih jelasnya tentang Konsep himpunan dan contoh soal  yang biasa diujikan dalam UN ( Ujian Nasional ) silahkan anda kunjungi: Kumpulan Trik sukses Matematika

No comments:

Post a Comment